Senin, 23 Desember 2019

SANGGAR TARI TOPENG MIMI RASINAH




Sanggar Mimi Rasinah berdiri sejak tahun 2000 sampai sekarang. Sanggar ini didirikan oleh seorang wanita yang teramat mencintai kebudayaan khas daerahnya yaitu Rasinah yang akrab disapa Mimi Rasinah yang kini dijadikan nama sanggarnya “MIMI RASINAH”. Pada awalnya mimi rasinah hanya seorang budayawan biasa saja, hanya saja mimi rasinah sangat cinta pada salah satu kebudayaan khas daerahnya Indramayu yaitu Tari Topeng. Sehingga mimi rasinah mendirikan sanggarnya yang dikelola dengan anak-anaknya, cucu dan cicitnya. 

Pada tahun 2010 Mimi Rasinah wafat pada usia 80 tahun. Mimi Rasinah mewariskan ilmu seni tari dan sanggarnya pada anak-anaknya, hidup mimi rasinah banyak didedikasikan pada kesenian tari topeng khas indramayu. Kini sanggar mimi rasinah telah dikenal luas dan sering mendapatkan penghargaan baik di dalam negeri maupun luar negeri, nasional maupun internasional. 

Penari-penari yang berlatih di sanggar mimi rasinah tidak jarang diundang pada acara-acara besar. Contohnya acara kenegaraan, menari di luar negeri, berkeliling eropa dan sebagainya. Sanggar mimi rasinah biasa beroperasi atau aktif berlatih pada hari Minggu. Sanggar mimi rasinah terbuka untuk semua jenis kalangan laki-laki maupun perempuan, anak-anak sampai dewasa. Keluarga mimi rasinah sangat berusaha dan kompak untuk menjaga warisan yang telah diberikan untuk tetap melestarikan kebudayaan yang ada seperti tari topeng. Disanggar mimi rasinah tidak hanya terfokus pada pelatihan menarinya saja, tetapi juga menyediakan indera mata yang berbentuk berbagai macam jenis topeng seperti gantungan kunci, topeng, baju tari dan lainnya. 

Keluarga mimi rasinah sangat berusaha dan memotivasi banyak kalangan khususnya kaum-kaum muda untuk lebih mengenal dan melestarikan kebudayaan yang telah dimiliki didaerahnya masing-masing karena budaya adalah warisan leluhur yang harus kita jaga bersama.

0 komentar:

Posting Komentar